<
Baznas Nunukan





Studi Tiru Baznas Kab. Nunukan yang di dampingi Pemerintah Daerah Kab. Nunukan Pada Baznas Kab. Berau, Kalimantan Timur beserta Pemerintah Daerah Kab. Berau

Administrator BAZNAS | Sabtu,20 Agustus 2022 | View : 1000

Studi Tiru Baznas Kab. Nunukan yang di dampingi Pemerintah Daerah Kab. Nunukan Pada Baznas Kab. Berau, Kalimantan Timur beserta Pemerintah Daerah Kab. Berau
Studi Tiru Pemerintah Daerah Kab. Nunukan dan Baznas Kab. Nunukan terkait pelaksanaan dan pengelolaan zakat di Kab. Berau. Maka Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin SH mewakili Bupati Nunukan dan Ketua Baznas Kab. Nunukan Ustd. H. Zahri Fadli, serta Kabag Kesra Kab. Nunukan H. Tuwo melakukan kunjungan ke Baznas Berau Kalimantan Timur, Sabtu (20/08)
Kedatangan Ketua Baznas Kab. Nunukan beserta WK 1 Dan Staf Baznas Kab. Nunukan bersama Asisten pemerintahan dan Kesra beserta rombongan di Kantor Baznas Berau disambut hangat oleh Ketua Baznas Kab. Berau H. Busransyah dan Wakil Ketua 3 Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan H. Dawani Buchori, dan Wakil Ketua 4 Bidang Administrasi SDM dan Umum Maria Yosephi.
Dalam pertemuan tersebut antara Pemerintah daerah Kab. Nunukan, Baznas Nunukan melakukan diskusi dengan Baznas Kab. Berau. Membahas apa saja program dan kegiatan Baznas Kab. Berau yang sudah berjalan sehingga Baznas Kab. Nunukan bisa mencontoh dan meniru Baznas Kab. Berau.
"Kami dari Pemerintah Kab. Nunukan, selain akan menggali informasi dari Baznas itu sendiri, mudah-mudahan pada saat nanti audiens dengan Pemerintah Kab. Berau bagaimana secara komprehensif Pemerintah Daerah dapat mensuport Baznas di Kab. Berau ini", ujarnya.
Ketua Baznas Nunukan Ustd. H. Zahri Fadli juga menyampaikan bahwa semua program Baznas secara Nasional sama, akan tetapi secara teknis pelaksanaannya dan pengaktualisasiannya di lapangan yang perlu dipelajari di Baznas Berau.
Ustd. H. Zahri Fadli juga mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kab. Nunukan sangat mendukung bagaimana cara mengembangkan potensi zakat yang berada di Kab. Nunukan. Sehingga saat ini Baznas Nunukan bisa melakukan studi tiru di Baznas Berau.
Selain itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin juga kagum dengan Baznas Kab. Berau karena bisa membangun Rumah Sehat Baznas dengan dana CSR dari satu perusahaan saja. Sehingga nantinya bagaimana caranya Pemerintah Daerah dan Baznas Nunukan bisa meyakinkan perusahaan-perusahaan yang berada di Kab. Nunukan bisa menyalurkan dana CSR nya tepat sasaran.
Rumah Sehat yang dibangun oleh Baznas memiliki kapasitas 32 tempat tidur. Untuk biaya opersionalnya itu sendiri nantinya juga beroperasi akan memerlukan biaya sekitar 1 Milyar, dari 1 Milyar ini nantinya yang 60% dari Baznas RI, 20% dari Baznas Provinsi, dan 20% dari Baznas kabupaten untuk operasional menggaji staf dengan manajemen yang berbeda. Rumah sehat baznas ini akan memiliki manajemen sendiri sehingga tidak bergabung dengan sistem manajemen baznas. Baznas tetap terlibat tetapi, hanya sebatas pendanaan dan operasional dan mendukung Berau Sehat.
Selain melakukan studi tiru bersama peternak di kampung Labanan yang bekerjasama dengan Baznas, Asisten Pemerintah dan Kesra Muhammad Amin SH dan ketua Baznas Nunukan Ustd. H. Zahri Fadli bersama rombongan juga melakukan kunjungan dengan UPZ Al Fallah Kab. Berau terkait dengan ATM Beras yang diperuntukan kepada para Mustahik, Sabtu (20/08)
Berawal dari UPZ Al Fallah yang mendistribusikan beras untuk para mustahik secara manual, dengan bekerjasama dengan Baznas Berau kini UPZ Al Fallah memiliki ATM beras. ATM beras ini sendiri beroperasi seperti mesin-mesin ATM yang biasa dilihat di counter-counter Bank, akan tetapi mesin ATM beras ini bukan berisikan uang tetapi beras yang dapat di ambil dengan menggunakan kartu.
Untuk ATM beras ini sendiri di Kab. Berau ini baru 1 unit yang dimiliki oleh UPZ Al Fallah. Para Mustahik dapat mengambil beras di ATM ini 4 kali dalam sebulan dengan jumlah beras sesuai dengan jumlah KK. Sehingga dapat memudahkan para pengurus UPZ dan juga para mustahik.
Kemudian rombongan melanjutkan studi tiru ke ZMart. ZMart ini juga merupakan program dari Baznas, dengan memberikan modal usaha sebesar Rp.20.000.000 kepada para mustahik, sehingga dapat membantu para mustahik untuk melakukan usaha. Kemudian dengan adanya ZMart ini juga mengajarkan untuk berzakat. Sehingga dari hasil usaha ZMart ini para mustahik bisa berzakat juga.
Muhammad Amin menyampaikan bahwa dengan adanya study tiru di Baznas Berau ini Pemerintah Daerah Kab. Nunukan dan Baznas Nunukan Bnayak belajar an mendapatkan ilmu yang nantinya bisa ditiru dan dijalankan di Kab. Nunukan. Sehingga dengan kunjungan dan study tiru ini sangat bermanfaat dan menjadi referensi dan tidak sia-sia nantinya.

Share Sosmed :
Lihat Berita Lainya


Tinggalkan Komentar :

Silahkan Isi Komentar Anda Disini
Kirim Komentar
Klik Cari

Berita Terbaru

Tabligh Akbar 1441 H Dan Pelatihan Fardhu Kifayah Di Masjid Al-Muhajirin, Desa Harapan, Kec. Tulin O...
Selengkapnya

Program Mualaf Center Baznas (Mcb) Akan Hadir Di Desa Tataban Tulin Onsoi, Kab. Nunukan...
Selengkapnya

Sosialisasi Gerakan Sadar Zakat Pada Mako Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kab. Nunukan Dengan Tema M...
Selengkapnya

Sosialisasi Pada Pengadilan Negeri Kelas II Dalam Rangka Mengefektifkan Beberapa Instansi Yg Belum M...
Selengkapnya

Penyerahan Bantuan Sosial (Penanganan Corona Virus Disease / Covid-19) Di Kab Nunukan Sebesar Rp. 5....
Selengkapnya

Pengumpulan Infaq Dan Shodaqoh Pada Kantor Polsek Nunukan Bulan Maret Capai 1 Juta Lebih...
Selengkapnya

Kotak Infaq & Shadaqoh (Kotak Amal) Baznas Kab. Nunukan Pada Praktek Dr.H. Dulman L, M.Kes, So.Og Ca...
Selengkapnya

Bantuan Sosial Penanganan Corona Virus Disease Covid-19 Kepada Dr. Kamardy Nur Syarifuddin Sp.B, M.K...
Selengkapnya

Baznas Kab.Nunukan Hari Ini Kembali Melakukan Disinfeksi Di 3 Tempat Ibadah Yaitu Musholla Al Mustho...
Selengkapnya

Baznas Kab.Nunukan Turun Langsung Ikut Serta Dalam Penanganan Wabah, Pihaknya Melakukan Disinfeksi D...
Selengkapnya

Baznas Kab. Nunukan Memberikan Santunan Untuk Korban Kebakaran Rt.09 Nunukan Barat...
Selengkapnya

133 Mustahik Kabupaten Nunukan Menerima Bantuan Dana Dhuafa Dari Baznas Kab. Nunukan...
Selengkapnya