<
Baznas Nunukan





Rombongan Kementerian Agama kota Tarakan melakukan studi tiru di Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur Kabupaten Nunukan.

Administrator BAZNAS | Jumat,06 Mei 2022 | View : 1000

Rombongan Kementerian Agama kota Tarakan melakukan studi tiru di Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur Kabupaten Nunukan.
Sejumlah 20 orang dari rombongan Kementerian Agama berkunjung kepulau sebatik dalam rangka studi tiru di Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur.
Kasubag Tata Usaha Kementerian Agama kota Tarakan bapak H. Asmawan selaku ketua rombongan menyampaikan tujuan kunjungan kesebatik ini untuk melakukan studi tiru.
"Adapun tujuan kami berkunjung disebatik ini adalah untuk melakukan studi tiru di Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur agar bisa dijadikan sebagai rujukan dan contoh rencana pembentukan Kampung Sadar Zakat di Kota Tarakan, terkait bagamana awal pembentukannya, respon masyarakatnya dan mekanisme pengelolaannya" ungkap Asmawan.
Salmiah selaku inisiator kampung sadar zakat dalam sambutannya bahwa ada 3 hal yg dilakukan sehingga Program Kampung Sadar Zakat bisa berjalan dan eksis dengan baik.
"Ada 3 hal penting dilakukan agar program Kampung Sadar Zakat bisa eksis serta senantiasa mendapat dukungan semua pihak yaitu Komunikasi, koordinasi dan sosialisasi, dengan 3 hal itu apa yang kita harapkan bisa terwujud" ucap Salmiah.
Sementara itu kepala KUA Sebatik Timur M.Asmayadi menambahkan bahwa program Kampung Sadar Zakat ini merupakan Program Unggulan Penyuluh Agama Islam Non PNS KUA Sebatik Timur yang tujuannya sebagai wadah untuk menarik perhatian masyarakat agar sadar dan cinta zakat namun kita apdate menjadi program bersama.
"Program Kampung Sadar Zakat bukan lagi sebatas program Penyuluh Agama Islam namun diupdate menjadi program bersama sehingga bersama punya tanggungjawab mensosialisasikan dan mengembangkan program Kampung Sadar Zakat" Tambah M. Asmayadi.
Selanjutnya Camat Sebatik Timur Bapak Khairil,S.Si, Apt yang baru beberapa bulan dilantik, dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi dan senantiasa mendukung program Kampung Sadar Zakat.
"Selaku camat yang baru saya sangat mendukung program Kampung Sadar Zakat ini, dan meneruskan program camat terdahulu dan satu hal yang menjadi perhatian kita bahwa Program Kampung Sadar Zakat bukan hanya sekedar nama saja, namun ada rasa tanggung jawab bersama terhadap program ini,sehingga dapat menjadi contoh untuk Daerah lain baik dari sisi pengumpulan dan pendistribusian zakat serta pengelolaannya secara profesional, akuntabel dan transparan." Ungkap khairil.
Sekrstaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Kab. Nunukan bapak Wahyuddin, S.Sos yang juga selaku motivator Kampung Sadar Zakat yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa ada dua undangan yang kadang malas dihadiri sebagian orang yaitu kegiatan pajak dan zakat, kerena keduanya diperlukan kesadaran masyarakat, tentunya kebeadaaan program ini diharapkan memancing perhatian masyarakat agar sadar dalam berzakat.
Ketua baznas Nunukan bapak H. Zahri Fadli,M.Pd.I juga menyampaikan dalam menanggapi pertanyaan peserta terkait dana zakat bahwa 30% yang disetor kebazanas itu bukan kemauan kami dibaznas tapi itu memang sesuai regulasi, namun dana tersebut juga akan kembali peruntukannya kepada masyarakat yang membutuhkan yang tentunya sesuai kreteria pendayagunaan zakat.
Terakhir salah satu Anggota DPRD Kabupaten Nunukan ibu Hj. Nursan,SH yang juga selaku tokoh masyarakat sebatik menyampaikan apresiasi dan dukungan adanya program Kamphng Sadar Zakat sebagai program memberikan kesadaran masyarakat dalam berzakat.
"Saya sangat mendukung program ini, dan saya bersyukur dan berterima kasih dengan keaktifan pengurus UPZ Sebatik Timur dalam mensosialisasikan zakat, dulunya saya keluarkan zakat, infak dan sedekah tanpa mengetahui perbedaannya, dengan seringnya ada sosialisasi zakat maka saya bisa tahun besaran zakat yang wajib saya keluarkan, dan saya kira masih banyak masyarakat kita pemahamannya ketika memasukkan sumbangan kemasjid, membantu orang lain sudah dianggap zakat padahal zakat itu ada hitungannya, pengurus UPZ tidak perlu berterima kasih kepada tapi justru yang berterima kasih kepada pengurus UPZ Sebatik Timur" ungkap Hj. Nursan.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan Kapolsek Sebatik Timur,Kepala KUA Sebatik Utara bapak Ahmad Nur, kepala Desa Tanjung Aru bpk Budiman, Penyuluh agama islam Non PNS sebatik Timur bapak Andi Mustarim, ustadz Muslim, ibu Salmiah, ibu Hj. Rukiati, ibu Nurazmah, ibu Andi Nuralang, penyuluh KB Sebatik Timur ibu Jumatirah, Penyuluh PHK ibu Herlina, dan yang mewakili kepala KUA Sebatik Tengah bapak Bahri.

Share Sosmed :
Lihat Berita Lainya


Tinggalkan Komentar :

Silahkan Isi Komentar Anda Disini
Kirim Komentar
Klik Cari

Berita Terbaru

Tabligh Akbar 1441 H Dan Pelatihan Fardhu Kifayah Di Masjid Al-Muhajirin, Desa Harapan, Kec. Tulin O...
Selengkapnya

Program Mualaf Center Baznas (Mcb) Akan Hadir Di Desa Tataban Tulin Onsoi, Kab. Nunukan...
Selengkapnya

Sosialisasi Gerakan Sadar Zakat Pada Mako Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kab. Nunukan Dengan Tema M...
Selengkapnya

Sosialisasi Pada Pengadilan Negeri Kelas II Dalam Rangka Mengefektifkan Beberapa Instansi Yg Belum M...
Selengkapnya

Penyerahan Bantuan Sosial (Penanganan Corona Virus Disease / Covid-19) Di Kab Nunukan Sebesar Rp. 5....
Selengkapnya

Pengumpulan Infaq Dan Shodaqoh Pada Kantor Polsek Nunukan Bulan Maret Capai 1 Juta Lebih...
Selengkapnya

Kotak Infaq & Shadaqoh (Kotak Amal) Baznas Kab. Nunukan Pada Praktek Dr.H. Dulman L, M.Kes, So.Og Ca...
Selengkapnya

Bantuan Sosial Penanganan Corona Virus Disease Covid-19 Kepada Dr. Kamardy Nur Syarifuddin Sp.B, M.K...
Selengkapnya

Baznas Kab.Nunukan Hari Ini Kembali Melakukan Disinfeksi Di 3 Tempat Ibadah Yaitu Musholla Al Mustho...
Selengkapnya

Baznas Kab.Nunukan Turun Langsung Ikut Serta Dalam Penanganan Wabah, Pihaknya Melakukan Disinfeksi D...
Selengkapnya

Baznas Kab. Nunukan Memberikan Santunan Untuk Korban Kebakaran Rt.09 Nunukan Barat...
Selengkapnya

133 Mustahik Kabupaten Nunukan Menerima Bantuan Dana Dhuafa Dari Baznas Kab. Nunukan...
Selengkapnya