Artikel BAZNAS Kab. NunukanKhitanan MassalProgram Nunukan PeduliUnit Pengumpul Zakat

Menutup Akhir Tahun 2021 Baznas Nunukan Telah Melaksanakan Khitanan Massal, dengan mengakomodir 473 Anak hanya dalam kurun waktu 2 Bulan di Kab.Nunukan

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Program Nunukan Peduli kembali melaksanakan kegiatan khitanan massal 2021 peduli ditengah Pandemi kegiatan ini juga sebagai penutup akhir Tahun 2021. Perlu diketahui bahwa dengan terlaksananya Khitanan Massal di Kec. Sei Menggaris ini, Baznas Kab. Nunukan telah melaksanakan Khitananan Massal di 7 tempat Wilayah Kabupaten Nunukan, itu semua dilakukan agar menjangkau wilayah terdekat sehingga dapat diikuti oleh Anak Fakir Miskin yang sangat membutuhkan kegiatan seperti ini, adapun kali ini Baznas Kabupaten Nunukan melanjutkan Program Nunukan Peduli di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mutiara Perbatasan Desa Srinanti, Kec. Sei Menggaris, Kab. Nunukan. Kuota Khitanan Massal 50 Orang namun Peserta yang kita akomodir 57 Orang dikarenakan ada 7 Orang tambahan dari Simpang Korea yang menempuh waktu perjalanan darat & Sungai 5 Jam dari Desa Kinanti.Tim Medis yang bertugas dari Satgas Pamtas, PT Duta Tambang Rekayasa (DTR), Bank Syariah Indonesia, Puskesmas, Lanal Nunukan dan Siswa SMK N 1 Sei Menggaris yang hadir sebagai Relawan pada kegiatan Khitanan Massal kali ini.

Ketua Panitia Drs. H. Halisa mengucapkan dalam sambutannya Sunatan massal ini adalah salah satu Program Nunukan Peduli Baznas, jumlah Kuota peserta Khitanan Massal di Kec. Sei Menggaris berjumlah 50 Orang, akhir kata beliau mewakili Kepanitiaan Khitanan Massal mengucapkan Terimah kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh pihak yang ikut terlibat salam suksesnya kegiatan Khitanan Massal kali ini. (Ahad,12/12)

Ketua Baznas Kab. Nunukan H. Zahri Fadli, M.Pd.I dalam sambutannya mengatakan Alhamdulillah ini salah satu kesyukuran kita bahwa Baznas Kab. Nunukan dengan Program Nunukan Peduli dapat Memfasilitasi masyarakat di hampir semua Kecamatan wilayah Kab. Nunukan. Ini menjadi salah satu usaha bersama kita dimana Baznas kedepan bisa lebih banyak melakukan kegiatan yang dapat mengakomodir masyarakat fakir miskin salah satunya kegiatan Khitanan Massal yang telah menjadi Program Tahunan Baznas Kab. Nunukan, walaupun ditahun ini agak sedikit molor karena kita baru mendapatkan Izin dikarenakan kita ketahui bersama bahwasanya angka penurunan Covid – 19 baru terjadi di akhir tahun 2021 ini sehingga kita dapat melaksanakan Khitanan Massal mulai bulan Oktober-Desember, di Kabupaten Nunukan dengan Jumlah 8 Kecamatan yang dilaksanakan di tempat strategis sehingga dapat mudah untuk dijangkau. 2 Kegiatan di Kec. Sebatik Timur, 1 Kegiatan di Kec. Sebatik, 1 Kegiatan di Kec. Nunukan, 2 Kegiatan di Kec. Nunukan Selatan, dan dibulan Desember ini kita dapat melaksanakan Kegiatan Khitanan Massal di Kec. Sei Menggaris.

Pak Agus yang mewakili Camat Kec. Sei Menggaris Saya sangat berterima kasih kepada Baznas Kab. Nunukan yang melaksanakan Khitanan Massal di Kec. Sei Menggaris saya sangat merasakan banyak kebersamaan yang terjadi dengan kegiatan ini karena merangkul banyak kalangan yang bekerja sama sehingga terjadinya kegiatan Khitanan Massal di Kec. Sei Menggaris. Semoga dengan dilaksanakannya khitanan massal 2021 di Kecamatan Sei Menggaris ini dapat membuka hati dan fikiran Masyarakat dalam Berzakat Aamiin.

Ketua Yayasan MI Mutiara Perbatasan Ibu Rusmini Hakim dalam sambutannya mengatakan Kuota yang mendaftar pada kegiatan ini berjumlah 80 Orang namun yang bisa diakomodir berjumlah 50 Orang sehingga kemudian sisanya akan kita fasilitasi di tahun depan. Kami juga berterima kasih kepada Baznas Kab. Nunukan yang melaksanakan kegiatan Khitanan Massal begitu juga dengan Lembaga Kursus Perbatasan yang telah menyediakan 50 Parcel buat anak yang di Khitan.

Sebagai salah satu ajaran yang telah diterapkan dalam Islam, baik bagi laki-laki maupun perempuan, khitan memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi kepentingan syiar Islam.Sebab, khitan bertujuan untuk kesehatan jasmani dan rohani. Selain itu, khitan juga dianggap sebagai salah satu media penyucian diri dan bukti ketundukan seseorang kepada ajaran agamanya.Rasulullah SAW bersabda, “Kesucian (fitrah) itu ada lima: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memendekkan kumis, dan memotong kuku.” (HR Bukhari Muslim).

Melalui khitan, seorang anak sejak dini diajarkan mengenai pentingnya kesehatan dan kebersihan badan, terutama alat kelaminnya.Melalui program Nunukan Peduli, BAZNAS berkomitmen untuk dapat mengakomodir seluas luasnya anak-anak dari orang tua kurang mampu untuk dapat mendapatkan kehidupan yang layak, salah satunya program Khitanan massal ini kita ketahui sampai saat ini Baznas Kab. Nunukan telah menjangkau 473 Orang Anak yang telah mengikuti Khitanan Massal yang dilaksanakan Oleh Baznas Kabupaten Nunukan di 7 Tempat yang berbeda dan Insyaallah akan dilanjutkan di Kecamatan Sei Menggaris nantinya, ini semua dilakukan Baznas Kab. Nunukan tidak terlepas daripada apa yang menjadi cita-cita Baznas yaitu Memaksimalkan pendistribusian dan pendayagunaan ZIS-DSKL untuk mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan ummat, dan mengurangi kesenjangan sosial; semoga hal-hal baik yang kita inginkan dapat tercapai dan terus berlanjut kedepannya, Aamiin.

About author:-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

KANTOR KAMI

Alamat: Jln. Antasari No 31 Rt 14 Kel. Nunukan Tengah Kec. Nunukan Kode Pos : 77482 Kalimantan Utara Kabupaten Nunukan

Email: baznas2016@gmail.com
Telepon: +62253010277