Artikel BAZNAS Kab. NunukanPenyaluran Bantuan DhuafaPenyaluran Zakat Kepada Mustahik

Penggelaran Gebyar Zakat UPZ Sakti Baznas Kabupaten Nunukan berbagi 222 paket dalam Rangka Milad ke-2 Kampung Sadar Zakat

Penggelaran Gebyar Zakat UPZ Sakti Baznas Kabupaten Nunukan berbagi 222 paket dalam Rangka Milad ke-2 Kampung Sadar Zakat.

Bertempat di AULA D’Putri Resort Desa Bukit Aru Indah Kecamatan Sebatik Timur digelar Gebyar Zakat UPZ Sakti BAZNAS Kabupaten Nunukan Berbagi dalam rangka Peringatan MILAD Ke-2 Tahun Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur.

Kampung Sadar Zakat adalah Program Unggulan Penyuluh Agama Islam Non PNS KUA Kecamatan Sebatik Timur yang memiliki visi misi Mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan ikut membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan melalui pemberdayaan dana zakat telah memasuki usia ke- 2 tahun Sejak dilaunchingnya pada tanggal 02 Oktober 2019 oleh bapak H. M. Saleh S.Ag, M.Pd, saat beliau masih menjabat Kepala Kemenag Kab. Nunukan di Hotel Anniar Sungai Nyamuk.

Dalam rangkaian peringatan Milad Kedua Tahun ini, digelar Gebyar Zakat UPZ Sakti Baznas Kabupaten Nunukan berbagi, yang bermaksud Memberikan peluang kepada para wajib zakat untuk turut andil dalam berbagi kepada mustahik dihari pelakasanaan peringatan Milad ke 2 Kampug Sadar Zakat sabanyak 222 Paket dalam bentuk sembako dengan nilai satu paketnya 200 ribu rupiah.

Salmiah selaku Ketua Panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan.
” Kampung Sadar Zakat adalah Sebagai Wadah menarik pehatian masyarakat untuk menumbuhkan semagat kesadaran dalam berzakat, berinfak dan besedekah. bahwa sejak berjalannya program Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur selama dua tahun ini yang bekerja sama dengan  UPZ Sebatik Timur Baznas Kabupaten Nunukan, Alhamdulillah kesadaran masyarakat semakin meningkat sejalan dengan semakin meningkatnya dana zakat yang dikumpul melalui UPZ Sebatik Timur Setiap Tahunnya, tentunya harapan kita semua agar Program Kampung Sadar Zakat ini tetap Eksis dan senantiasa mendapat dukungan dari semua pihak”  ungkap inisiator kampung sadar zakat ini dalam laporannya.

Selaku Camat Sebatik Timur yang juga selaku Penasehat UPZ  Sebatik Timur dalam sambutannya menyampaikan.
” kita selaku pengurus UPZ harus menjadi contoh, bukan hanya sekedar memberi contoh. kita sering mengajak orang berzakat tapi pengurusnya sendiri tidak berzakat, jadi kita harus istiqamah, dan yang paling penting adalah transparan dan akuntabel, sehingga masyarakat semakin percaya dengan pengelolaan zakat”

Selanjutnya Kepala Kemenag Kabupaten Nunukan dalam sambutannya yang diwakili oleh KASI PHU Kemenag Nunukan H. Sayyid Abdullah S.H.I., Menyampaiakan apresiasi yang tinggi terhadap segenap Penyuluh Agama Islam Non PNS Sebatik Timur atas inovasi program Unggulan Kampung Sadar Zakat.

“kami berharap dengan program kampung sadar zakat yang memiliki visi misi mewujudkan kualitas kehidupan masyarakat Sebatik Timur yang sadar zakat, infak dan sedekah, melalui peran pengelola zakat yang amanah, profesional terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, Kami berharap bisa menjadi contoh daerah lain. Ungkap sayyid Abdullah.”

Mewakili Kakanwil Kemenag Provinsi Kaltara, Bapak H. M.Saleh, S.Ag, M.Pd. selaku KABID PHU dan Bimas Islam, menyampaikan dalam sambutannya “

“Masih teringat ketika Saya melauncing Program Unggulan PAI Non PNS KUA Sebatik Timur Kampung Sadar Zakat dihotel anniar, harapan saya semoga dengan keberadaan Program ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berzakat untuk menopan dan meningkatkan tarap perekonomian masyarakat.” harap H. M.Saleh.

Tarakhir sambutan dari Bupati Nunukan yang disampiakan oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan bapak H. Asmar, SE, M.IP, bahwa harus kita akui bahwa kesadaran masyarakat dalam berzakat masih rendah, masyarakat kita masih banyak hanya mengenal zakat fitrah pada bulan Ramadhan sedangkan zakat Mal kurang disadari padahal hartanya telah sampai nisab untuk dizakatkan.

” saya berharap dengan keberadaan Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur dapat meningkatkan Kesadaran berzakat terutama Zakat Mal, tidak hanya disebatik Timur Saja melainkan didaerah masyarakat yang lain.sehingga nntinya zakat bulan lagi sebagai kewajiban akan tetapi sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi” Harap Bupati yang disampaikan oleh H. Azmar.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan pemaparan Materi Penguatan Zakat oleh Ketua Baznas Nunukan Bpk H. Zahri Fadli, M.Pd dan Ketua Baznas Provinsi H. Salapa. kemudian disambung materi Motivasi zakat oleh Anggota DPRD Kab. Nunukan ibu H. Nusrsan S.H dan Tokoh Masyarakat Bapak H. Herman Baco. MM.

Setelah materi dilanjutkan dengan penyerahan bantuan 222 paket secara simbolis kepada mustahik dengan 5program sakti yaitu Sakti Taqwa, Sakti Sehat, Sakti Cerdas, Sakti Sejahtera dan Sakti Peduli

Dan Acara penutup pemotongan Tumpeng sebagai Rasa syukur atas Milad ke – 2 Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur. Salmiah berharap diusi kedua tahun Kampung Sadar Zakat sebagai Program Unggulan Penyuluh Agama Islam Sebatik Timur semakin eksis dan semakin maju sehingga visi misinya dapat tercapai dan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat dan dapat meningkatakn tarap perekonomian masyaakat.

Turut Hadir dalam Kegiatan Gebyar Zakat Tersebuta diantaranya, Anggota DPRD Kabupaten Nunukan Hj. Nikmah, Kapolsek sebatik timur, Danramil sebatik Timur, Ketua MUI sebatik, Kepala KUA Sepulau sebatik, Kepala Desa Sekecamatan sebatik Timur, Tokoh masyarakat H. Nuwardi dan Rustam Jaya, Ketua Tim PKK Sebatik Timur, Penyuluh Agama Islam Sebatik Timur dan Koordinator Penyuluh KB Sebatik Timur.

kegiatan berlangsung dengan baik dan tertib dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Humas (*al)

About author:-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KANTOR KAMI

Alamat: Jln. Antasari No 31 Rt 14 Kel. Nunukan Tengah Kec. Nunukan Kode Pos : 77482 Kalimantan Utara Kabupaten Nunukan

Email: baznas2016@gmail.com
Telepon: +62253010277