Artikel BAZNAS Kab. NunukanPenyaluran Bantuan DhuafaSosialisasi Zakat BaznasUnit Pengumpul Zakat

BAZNAS Kabupaten Nunukan Kembali melaksanakan Sosialisasi Penguatan & Pembentukan UPZ di Dapil 3

Kecamatan Sebuku (10 Februari 2021)

BAZNAS Kabupaten Nunukan Kembali melaksanakan Sosialisasi Penguatan & Pembentukan UPZ di Dapil 3 diantaranya Kec. Sembakung, Kec. Tulin Onsoi, dan Kec. Sebuku sehingga nantinya dapat Mengoptimalkan Pengumpulan & Pendistribusian Zakat, Infaq, Sedekah secara merata,

Ketua Baznas Kabupaten Nunukan Ust. H. Zahri Fadli S,Pd.I, M.Pd.I Pertama kami ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Camat, Pak KUA, serta seluruh peserta yang hadir yang telah memfasilitasi kami sehingga kegiatan ini dapat terlaksana mudah mudahan kita senantiasa diberi lindungan oleh allah swt serta apa yang kita harapkan dapat diijabah oleh allah swt,  

Alhamdulillah kita mendapatkan kepercayaan dari Baznas Pusat Untuk membentuk Zakat Community Development yang akan diagendakan di wilayah Sembakung. Bapak Ibu sekalian Pertemuan ini kami anggap penting dan mudah mudahan ini menjadi motivasi kita dalam mengembangkan dan menggali potensi zakat diwilayah masing masing, kenapa karena selama ini ada kesan bahwa zakat yang dikumpulkan atau digali oleh daerah melalui UPZ Kecamatan seolah dikembalikan kedaerah sesungguhnya tidak jadi zakat yang di kumpulkan oleh UPZ Kecamatan itu diolah oleh UPZ kecamatan masing masing Cuma laporan Pertanggung jawabannya dikembalikan ke Pada Baznas Kabupaten Nunukan walaupun dari regulasi Baznas itu UPZ mendistribusikan Maksimal 70% dan dikembalikan 30% ke Baznas Kab Nunukan itu dari sisi Regulasinya, nah inilah yang ingin kami jelaskan bahwa 30% itu bukan baznas kabupaten mengambil tapi itu hanya regulasinya, dan 30 % itu bisa dikembalikan dan bisa lebih dari pada itu kita kembalikan ke UPZ Kecamatan-Kecamatan sehingga dapat merata.

Kecamatan Sebuku (10 Februari 2021)

Jadi jangan sampai ada kesan kalau kami mengumpulkan Zakat pada UPZ Kecamatan itu nanti akan dikirim ke Baznas Kabupaten Nunukan, tidak sama sekali dan ini lah yang berkembang di kecamatan Sebatik Khususnya. Kita alhamdulillah Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan agama Kementerian Agama itu semua Berzakat melalui Baznas Kabupaten Nunukan. Bagaimana kemudian kita menggali potensi yang ada diwilayah masing masing karena semakin banyak Zakat yang kita kumpulkan maka semakin besar pula manfaatnya yang dapat kita berikan kemasyarakat, nah tentu potensi daerah itu berbeda beda, kita disni mungkin masih banyak perusahaan.

Kalau kita terkonsentrasi kepada ASN di daerah itu tentu kecil kalau kita mengumpulkan Zakat ASN di kecamatan saja saya fikir itu tidak smpai 2 juta sebulan. Tetapi kita bisa lihat Contoh UPZ Kecamatan Sebatik Timur hanya dalam bulan Januari saja itu mencapai 30 an Juta Perbulan, kenapa bisa begitu karena mereka menggali potensi yang ada di Masyarakat itulah yang Baznas Kabupaten Nunukan harapkan pada UPZ Kecamatan Sembakung ini dapat menggali Potensi di Perusahaan maupun Masyarakat.

“Apabila zakat dikelola dengan profesional, transparan dan amanah akan mendapatkan potensi ekonomi yang sangat dahsyat serta mampu menunjang pengentasan kemiskinan secara merata, serta dapat meningkatkan kesejahteraan umat,” (*AL)

Baznas Kabupaten Nunukan mengharapkan kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Zakat ini tentunya dapat membawa dampak positif bagi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam mengaplikasi pengelolaan dan pemberdayaan zakat kearah yang yang baik serta manfaat bagi masyarakat yang berhak menerima zakat.

Kecamatan Sebuku (10 Februari 2021)

dalam kegiatan sosialisasi Penguatan dan Pembentukan UPZ dengan tema Mengoptimalkan pengumpulan dan pendistribusian Zakat, infaq dan sedekah ini Baznas Kabupaten Nunukan juga menyerahkan Bantuan Seragam & Sepatu Sekolah, semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat dan menjadi Amal Jariyah bagi para Muzakki yang telah mempercayakan Zakat, Infaq & Sedekah nya melalui Baznas Kabupaten nunukan untuk itu mari kita tingkatkan Kesadaran Berzakat Khususnya di wilayah Kabupaten Nunukan ini sehingga nantinya Pendistribusian Bantuan bisa Merata di daerah Perbatasan kita tercinta ini. *AL

Kecamatan Tulin Onsoi (11 Februari 2021)
Kecamatan Sembakung (11 Februari 2021)

About author:-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KANTOR KAMI

Alamat: Jln. Antasari No 31 Rt 14 Kel. Nunukan Tengah Kec. Nunukan Kode Pos : 77482 Kalimantan Utara Kabupaten Nunukan

Email: baznas2016@gmail.com
Telepon: +62253010277