Artikel BAZNAS Kab. NunukanPenyaluran Bantuan DhuafaPenyaluran Zakat Kepada MustahikProgram Nunukan PeduliProgram Nunukan Sejahtera

Alhamdulillah Baznas Kabupaten Nunukan telah melakukan Penyaluran kepada mustahik penerima bantuan rutin di bulan Oktober melalui Divisi Pendistribusian & Pendayagunaan.

Alhamdulillah Baznas Kabupaten Nunukan telah melakukan Penyaluran kepada mustahik penerima bantuan rutin di bulan Oktober melalui Divisi Pendistribusian & Pendayagunaan.
.
Baznas Kabupaten Nunukan turun lapangan langsung mendatangi setiap rumah Mustahik Untuk pendistribusian Sembako dan uang tunai, upaya ini dilakukan untuk menghindari kerumunan Massa, adapun beberapa mustahik yg lngsung kekantor Baznas Kabupaten Nunukan dikarenakan tidak berada dirumah saat penyaluran. 

Dalam agama islam kita di ajarkan untuk sedikit berbagi rezeki dengan sesama yaitu dengan cara zakat. Zakat merupakan rukun Islam yang ke 3,. Selain itu zakat juga merupakan kegiatan mengumpulkan pahala bagi umat islam untuk kebaikan akhirat.zakat adalah kewajiaban agama yang di bebankan atas harta kekayaan setiap umat muslim. Ketika sudah sampai nisab (batas maximal dari harta mulai wajib di keluarkan). Maka kewajiban tersebut harus di laksanakan. Dalam QS Al-Hasyr ayat 7 di jelaskan bahwa :

apa saja harta rampasan (fai-i) yang diberikan Allah kepada RasulNya (dari harta benda) yang berasal dari penduduk kota-kota Maka adalah untuk Allah, untuk rasul, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan, supaya harta itu jangan beredar di antara orang-orang Kaya saja di antara kamu. apa yang diberikan Rasul kepadamu, Maka terimalah. dan apa yang dilarangnya bagimu, Maka tinggalkanlah. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Amat keras hukumannya”.(QS. Al-Hasyr :7).

Di sini di jelaskan bahwa harta yang kita dimiliki dapat di berikan kepada setiap individu yang sangat membutuhkan. Sehingga dari harta yang kita berikan dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Zakat di sini dapat mendatangkan manfaat bagi golongan orang yang mampu (muzaki), dan bagi golongan yang tidak mampu (mustahiq). Dengan zakat mustahiq dapat merubah kehidupan yang sedang mereka. Misalnya dengan zakat mereka dapat meringankan biaya hidup, menjadikan zakat sebagai modal dalam usaha.
.
Ayo kita bergerak bersama, berbagi dengan rezeki yang kita miliki untuk membantu Para Mustahik, agar bisa tetap bertahan di tengah kesulitan yang mereka alami.
.
“Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana.” (QS. At-Taubah : 60)

Terima kasih kepada para Muzzaki yang telah menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kab.Nunukan. Semoga semakin banyak mustahik yang dapat merasakan manfaatnya. Aamiin Yaa Robbal Aalamiin

About author:-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *