Uncategorized

Peringatan Milad ke 1 Tahun Kampung Sadar Zakat Kec. Sebatik Timur.

Selasa 6/10/20 bertempat di BPU Pantai Indah Desa Tanjung Aru Kec. Sebatik Timur telah dilaksanakan peringatan Milad ke 1 tahun Kampung Sadar Zakat yang mana merupakan program unggulan Penyuluh Agama Islam Non PNS Kec.Sebatik Timur.

hadir dalam kegiatan tersebut Kakanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Utara  yang diwakili Kabag TU Kanwil Kemenag Kaltara bapak H.Sopyan, S.Ag, M.Pd, Plt Bupati Nunukan diwakili oleh bapak Kabag Humas bapak Hasan Basri, S.IP,  Kabid PHU dan BIMAS ISLAM Kanwil Kemenag Kaltara Bapak H. Muhammad Ramli, S.Ag, Kankan Kemenag Kab.Nunukan Bapak H.M.Saleh, S.Ag, M.Pd, Anggota DPRD Kab.Nunukan Ibu Hj.Nursan, SH, Camat Sebatik Timur Bapak Wahyuddin, S.Sos, ketua Pokjaluh Kemenag Provinsi Kaltara Bapak Kasman Gaffar, SE, Kepala KUA Sepulau Sebatik, kepala UPT PPD Sebatik bapak A. Supardi, M, Pd, Kepala Desa SeKecamatan Sebatik Timur, Ketua MUI Pulau Sebatik Bpk Suniman Latasi, BA, Ketua Tim Penggerak PKK Sebatik Timur ibu Hj.Isna, Penyuluh Agama Islam Non PNS Sebatik Timur dan Para Imam Masjid dan Marbot Sekecamatan Sebatik Timur, dan para tokoh agama dan Masyarakat.

Ketua UPZ Sebatik Timur M.Asmayadi yang juga atas nama penyelenggara Milad ke 1 tahun Kampung Sadar Zakat mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik, dan permohonan maaf jika terdapat kekurangan. Kampung Sadar Zakat merupakn program unggulan PAI non PNS Kec. Sebatik Timur yang telah dilaunching sejak tanggal 2 oktober 2019 dihotel anniar sungai nyamuk oleh kepala Kemenag Kab.Nunukan bapak H.M.Saleh, S.Ag, M.Pd yang mana memunyai visi mewujudkan kualitas kehidupan masyarakat Sebatik Timur yang sadar zakat, infak dan sedekah, melalui peran pengelola zakat yang amanah, profesional, transparan dan akuntabel. M.Asmayadi juga menyampaikan bahwa sumber dana kegiatan ini adalah atas kesepakatan bersama amil zakat bahwa hak amil sebesar 12,5 Persen dari dana zakat yang disalurkan digunakan dalam kegiatan milad Kampung sadar zakat. hal ini disampaikan agar para Muzakki memahami bahwa dana zakat murni dari hak amil zakat.

Dalam sambutan KABAG TU Kanwil Kemenag Kaltara H.Sopyan mengatakan bahwa ikhtiar untuk menjadikan gerakan zakat bisa membumi dimasyarakat tentu adalah sesuatu yg patut kita lakukan, ikhtiar Kampung Sadar Zakat yang diinisisasi oleh penyuluh agama islam Non PNS patut untuk diapresiasi, dengan Kampung Sadar Zakat merupakan ikhtiar untuk mewujudkan masyarakat yang sadar akan zakat, dan merupakan salah satu pendukung terwujudnya sebatik sebagai pulau santri.

demikian juga Kabag Humas pemerintah Kab. Nunukan dalam sambutannya bahwa dalam perekonomian Islam, Zakat memegang peran penting dalam roda perekonomian umat. sebagian kewajiban yang melekat pada setiap individu umat islam, zakat adalah tanggung jawab yag insyaAllah akan memberikan kehidupan yang penuh berkah, tidak hanya bagi yang memberi melainkan berkah juga kepada yang berhak menerima zakat. dengan  berzakat maka akan muncul kesadaran pribadi bahwa dalam harta kita terdapat hak orang miskin yang harus ditunaikan, dengan kesadaran berzakat maka ketimpangan dan kesenjangan dapat diminimalisir.

diselah kegitan tersebut dilaksanakan pendistribusian dana zakat kepada yang berhak, diantaranya kepada imam masjid dan marbot berupa uang tunai, bantuan modal usaha berupa gilingan kue, bantuan renovasi warung Pantai Indah binaan upz dan PAI Non PNS berupa olahan rumput laut, bantuan uang tunai kepada pekerja rumput laut (pebbettang dalam bahasa bugis).

Selanjutnya pemberian penghargaan kepada Camat sebatik timur wahyuddin, kepala Kua Sebatik Timur M.Asmayadi dan inisiator Kampung sadar zakat Salmiah, selaku motivator program unggulan PAI Non PNS Kampung Sadar Zakat.

dan juga penghargaan kepada ibu Hj. Nurzan, SH, ibu Hj. Kasma Rustan (Cv. Mekar Jaya) dan bapak supriadi selaku Muzakki yang senantiasa Rutin membayarkan Zakat malnya melalui UPZ Kec. Sebatik Timur.

demikian juga penghargaan diberikan kepada Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan bantuan kepada sekolah Tapal Batas oleh Baznas Kab.Nunukan atas kerjasamax dalam menunaikan zakat melalui Baznas Kab.Nunukan.

Selaku inisiator kampung sadar zakat yang juga selaku koordinator PAI Non PNS, Salmiah sangat berterima kasih kepada semua pihak atas dukunganx terhadap program unggulan PAI Non PNS wabilkhusus kepada rekan rekan PAI yang senantiasa kompak dalam setiap kegiatan. dan juga lebih khusus kepada para Muzakki atas kepercayaannya kepada kami selaku pengurus UPZ sebatik Timur dalam pengelolaan Zakat.

Alhamdulillah, kagiatan Milad ke 1 Kamung Sadar Zakat berjalan dengan baik dan aman tentunya dengan protokol kesehatan.

Sumber Salmiah

About author:-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *